Tetap Dukung Ahok, Sikap Nasdem Dipertanyakan Netizen

Tetap Dukung Ahok, Sikap Nasdem Dipertanyakan Netizen

Sumber foto: merdeka / makassartoday

Partai Nasdem, melalui Ketua Umum Surya Paloh menyatakan sikapnya terkait penetapan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai tersangka. Paloh menyebut Nasdem tetap akan mendukung Gubernur non aktif DKI Jakarta itu di Pilgub DKI 2017.

“Sikap Partai Nasdem mengevaluasi dua hal, pertama aspek yuridis. Tidak mungkin kan Nasdem menarik dukungan. Secara yuridis tidak diperkenankan. Kedua secara moral lebih kuat lagi,” kata Surya Paloh.

Pernyataan Paloh ini sendiri bertolak belakang dengan sikap partai beberapa waktu lalu. Dikutip dari Merdeka, Ketua DPP Taufiqulhadi menyebutkan akan menarik dukungan jika memang Ahok ditetapkan sebagai tersangka. “Saya tidak bisa berbicara, tapi itu adalah hak politik seseorang (mundur atau maju di Pilgub). Kalau Ahok memang ternyata bersalah, NasDem akan menarik dukungan,” tegas anggota Komisi III DPR tersebut.

Sikap plin plan yang ditunjukkan Nasdem ini pun menjadi perbincangan di media sosial twitter. “Bilang gak akan jd partai. Bilang mau bubar kalau ada kadernya korupsi, bilang mau tarik dukungan kalau Ahok jadi TSK. PEMBOHONG!! @NasDem,” sindir pengguna twitter dengan akun @wartapolitik.

Pemilik akun @wiwunpurmanings pun menyebut Nasdem sebagai partai yang tidak konsisten. “Kasihan ya partai yg tdk konsisten ini,” tulisnya singkat.

Ada juga pengguna twitter yang menyindir Paloh sebagai pemilik sebuah stasiun televisi. “@wartapolitik @NasDem Nggak partainya nggak TVnya, semua tipu-tipu,” sebut pemilik akun @_mugirahayu.

Kemungkinan salah satu alasan Nasdem tak menarik dukungannya pada Ahok adalah peraturan dari KPUD DKI sendiri. Pasal 191 ayat 2 UU Pilkada menyebutkan, jika parpol dan atau gabungan parpol dengan sengaja menarik pasangan calonnya yang sudah ditetapkan KPU maka pimpinan Parpol dipidana dengan pidana penjara paling singkat 24 bulan dan paling lama 60 bulan dan denda paling sedikit Rp 25 miliar dan paling banyak Rp 50 miliar.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend