Tiga Menhan Gelar Pertemuan Trilateral Di Bali, Netizen Sampaikan Dukungan

Tiga Menhan

(Sumber foto: Twitter H2O Comms/ Royal Malaysian Navy)

Sebuah pertemuan digelar tiga Menteri Pertahanan, yakni Ryamizard Ryacudu (Indonesia), Dato’ Seri Hishammudin Tun Hussein (Malaysia), dan Delfin N. Lorenzana (Filipina), guna membahas langkah-langkah pengamanan wilayah maritim di Laut Sulu. Forum itu diberi nama ‘The 3rd Trilateral Defence Ministers Meeting’ di Nusa Dua, Bali pada 1-2 Agustus 2016 itu.

Pertemuan ini juga merupakan kelanjutan dari pertemuan pertama pada Mei 2016 lalu di Laos, di sela Forum ASEAN Defence Minister Meeting (ADMM). Dan, pertemuan kedua pada Juni 2016. Para Menteri Pertahanan kali ini akan membahas langkah-langkah implementasi dari dua pertemuan sebelumnya, yaitu hasil pertemuan staf militer tiga negara bidang intelijen dan operasi.

Selain itu juga mengenai perkembangan Framework of Arrangement (FoA) yang telah diteken di Jakarta pada 14 Juli 2016 dalam forum Joint Working Group (JWG) ketiga. Dari penandatanganan dokumen FoA tentang Standart Operating Procedur (SOP) Patroli Militer Trilateral, maka tiga negara ini bisa segera melaksanakan patroli bersama.

Menteri Ryamizard mengingatkan untuk segera merealisasikan implementasi kerjasama Trilateral secara terkoordinasi. “Kerjasama tersebut berguna untuk menghadapi tantangan keamanan perairan perbatasan yang belakangan ini sering terganggu,” kata Ryamizard di Bali, Selasa, 2 Agustus 2016.

Ryamizard menjelaskan yang menjadi langkah terpenting, yaitu keamanan maritim dari ancaman terorisme, kejahatan lintas negara, perdagangan manusia, narkoba, dan pengungsi. Ia menambahkan tentang implementasi Patroli Maritim Trilateral dengan dasar kerangka kerjasama yang telah ditandatangani. “Upaya-upaya penyelamatan manusia dan kapal memerlukan protokol khusus,” ujarnya.

Ryamizard juga mengusulkan perlu adanya latihan bersama di laut maupun darat, serta pembentukan posko militer bersama. “Ini untuk mempermudah mekanisme koordinasi, distribusi informasi, dan intelijen,” tuturnya.

Pantauan redaksi Eveline, Pertemuan Trilateral digelar tiga Menteri Pertahanan, yakni Ryamizard Ryacudu (Indonesia), Dato’ Seri Hishammudin Tun Hussein (Malaysia), dan Delfin N. Lorenzana (Filipina) di Bali menyedot perhatian pengguna media sosial twitter. Mereka pun ramai mengomentari hal tersebut.

“And the #SuluSeas #Trilateral begins in Bali! What an honour to be a part of history in the making! @PerdanaFellows”, dikicaukan seorang netizen dengan akun @nadiaaae yang nampak menyebut pertemuan Trilateral di Bali ini adalah suatu kehormatan bagi ketiga Negara baik Indonesia, Malaysia, dan Filipina dengan menjadi bagian penting dari sejarah pertahanan maritim  yang dibuat bersama.

“Good job dato seri..smoga smuanya d permhdhkn..Aamin..”, tulis akun @MingukKuala, sampaikan dukungan dan doanya berharap agar pertemuan tersebut berjalan dengan baik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend