Google Berubah Jadi Alphabet, Netizen Indonesia Kaget

Google Berubah Jadi Alphabet – sumber foto: Istimewa

Google, perusahaan IT terbesar di dunia mengumumkan berita mengejutkan. Raksasa internet Silicon Valley ini merubah namanya menjadi Alphabet. Hal ini disampaikan Larry Page, CEO Google lewat postingan di blog resmi Google pada Senin, 10 Agustus 2015 kemarin. Larry menyebut perubahan ini menandai era baru dalam bisnis Google, di mana dirinya dan Sergey Brin sangat bersemangat menjalaninya.

“We liked the name Alphabet because it means a collection of letters that represent language, one of humanity’s most important innovations, and is the core of how we index with Google search,” sebut Larry sebagaimana dikutip dari NYTimes.com. Namun Larry memastikan bahwa semua layanan Google tetap akan berjalan seperti biasa dan pengguna tidak perlu khawatir.

Dalam struktur perusahaan baru ini nantinya, Larry Page dan Sergey Brin tetap menjadi nahkoda utamanya. Alphabet akan berperan sebagai perusahaan holding yang membawahi beberapa perusahaan di bawahnya, antara lain Google yang fokus di layanan search engine, iklan internet, android dan lain sebagainya. Ditambah perusahaan besutan mereka bernama Nest penyedia thermostat pintar, serta Calico perusahaan yang berfokus pada kesehatan dan genetika. Begitu juga Google Ventures and Google Capital akan masuk di bawah naungan Alphabet.

Banyak pihak melihat langkah ini sebagai upaya cerdas Google untuk tetap bertahan di tengah persaingan sengit antara raksasa-raksasa perusahaan internet lainnya, seperti Facebook dan Amazon. Apalagi dengan semakin mengguritanya bisnis Google, pengamat melihat Sergey dan Larry perlu memisahkan antara bisnis Google yang menghasilkan keuntungan dengan yang menghabiskan sumber daya.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas berubahnya Google menjadi Alphabet? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 10 – 11 Agustus 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 19.105 tweet membicarakan tentang perubahan Google menjadi Alphabet.

sebanyak 1.054 tweet dicuitkan netizen yang menyatakan kekagetannya atas perubahan ini. Netizen banyak bertanya apakah perubahan ini berdampak pada layanan-layanan Google yang selama ini dinikmati netizen di seluruh dunia.

Terkait dengan perubahan ini, netizen menyebut Alphabet nantinya menjadi perusahaan holding yang menaungi semua lini bisnis Google. Hal ini dinyatakan lewat 1.535  tweet. Banyak netizen yang memuji langkah ini sebagai upaya cerdas Google dalam memenangi persaingan bisnis internet yang semakin ketat. Netizen yang menyatakan hal ini mencuitkan 1.421 tweet.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend