Mark Zuckerberg Donasikan Sahamnya Untuk Amal, Netizen Heboh di Medsos

Mark Zuckerberg Donasikan Sahamnya Untuk Amal, Netizen Heboh di Medsos

Mark Zuckerberg sedang diliputi kebahagiaan. Pasalnya kini CEO dan sekaligus pendiri Facebook ini telah menjadi ayah dan Priscilla sebagai ibu bagi putri kesayangannya yang baru saja dilahirkan, yang mereka beri nama Max atau yang lengkapnya bernama Maxima Chan Zuckerberg.

Kebahagiaan Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan dirayakan dengan mengumumkan sebuah kabar yang mengejutkan bagi dunia. Mark dan Priscilla berencana mendonasikan 99 persen sahamnya di Facebook yang akan disalurkan melalui sebuah yayasan yang bernama Chan Zukerberg Initiative, LLC., saham tersebut bernilai kurang lebih 618 Triliun Rupiah atau setara dengan 45 Miliar Dollar Amerika.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya para netizen atas perbincangan tentang Mark Zuckerberg? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 01 – 02 Desember 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 80.636 tweet yang memperbincangkan tentang Mark Zuckerberg.

Donasi 99 persen saham Mark Zuckerberg ini akan disalurkan secara perlahan-lahan. Utamanya adalah untuk memberikan separuh dari kekayaan mereka bagi tujuan amal, berkomitmen membangun dunia yang lebih baik bagi seluruh anak-anak di dunia, melalui bidang kesehatan, pendidikan, energi, serta membangun konektivitas bagi orang-orang di dunia, pengentasan kemiskinan, dan banyak bidang lainnya. Hal ini mendapatkan respon perbincangan oleh Netizen pada linimasa twitter sebanyak 39.556 tweet.

Donasi yang diberikan Mark Zuckerberg kali ini, bukan yang pertama kali. Pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan pernah mendonasikan kekayaan mereka sebesar US$ 120 juta ke sekolah publik di San Francisco Bay Area. Donasi itu akan dibagikan dalam jangka waktu 5 tahun. Ditambah lagi empat tahun yang lalu, Zuckerberg juga pernah menyumbangkan uangnya US$ 100 juta atau sekitar Rp 1 triliun untuk memperbaiki kualitas sekolah di sebuah kota di New Jersey, yaitu Newark.

Sedang Netizen lain membicarakan mengenai kelahiran anak Mark Zuckerberg dengan mengalirkan kicauan sebanyak 9.550 tweet. Mark juga menuliskan sebuah surat bagi putrinya, dengan harapan dan cintanya yang begitu besar.

Secara garis besar isi surat tersebut adalah mengenai kewajiban masyarakat di dunia khususnya setiap orang tua agar memiliki tanggungjawab moral dan material kepada anak-anak mereka, mengambil bagian kewajiban mereka dengan berinvestasi pada saat ini, untuk membangun kehidupan generasi anak-anak berikutnya yang lebih baik dimasa mendatang.

 

One thought on “Mark Zuckerberg Donasikan Sahamnya Untuk Amal, Netizen Heboh di Medsos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend