Netizen Antusias Jelajahi Candi Borobudur Di Google Maps

Jelajahi Candi Borobudur Di Google Maps – sumber foto: Istimewa

Dalam rangka menyambut Hari Pariwisata Dunia, pada Minggu, 27 September 2015 kemarin, Google meluncurkan Google Cultural Institute untuk Indonesia, di mana Google memberikan layanan “Street View” untuk Candi Borobudur melalui aplikasi Google Maps.

Google Street View ini mengakomodir pengalaman penjelajahan visual dengan konten 360 derajat untuk menjelajahi Candi Borobudur. Diharapkan, fitur Street View Candi Borobudur bisa membantu pelestarian budaya dan sejarah bagi generasi muda.

“Anak-anak sekarang kan sudah sangat digital. Mereka cenderung malas baca buku sejarah yang tebal-tebal. Makanya fitur ini bisa memberi pengetahuan sejarah dengan cara yang lebih interaktif dan kaya visual,” kata Head of Public Policy dan Government Relations Google Indonesia, Shinto Nugroho sebagaimana dikutip dari Kompas.com

Bagaimana tanggapan pubik, khususnya netizen Indonesia atas diluncurkannya layanan Street View Candi Borobudur di Google Maps? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 25 – 26 September 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 5.036  tweet yang membicarakan tentang obyek wisata Candi Borobudur.

Lewat 1.336 tweet, netizen menyebut soal layanan Street View dari Google Maps yang sudah bisa menampilkan Candi Borobudur. Netizen mengaku penasaran dan tidak sabar mencoba menjelajahi Candi Borobudur yang merupakan salah satu situs sejarah utama dunia tersebut lewat Google Maps.

Selain Candi Borobudur, netizen juga menyebut Candi Prambanan sudah bisa dijelajahi lewat Google Maps. Hal ini mendapat sorotan netizen lewat 635 tweet. Netizen kemudian menyampaikan apresiasi terhadap Google dan berharap ke depan berbagai situs wisata dan budaya di Indonesia lainnya juga bisa masuk ke layanan Google Maps ini. Harapan itu disampaikan lewat 729 tweet.

***

One thought on “Netizen Antusias Jelajahi Candi Borobudur Di Google Maps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*