Pengguna Komputer Kembali Diserang Ransomware Jenis Baru

Pengguna Komputer Kembali Diserang Ransomware Jenis Baru

Sebuah virus komputer ganas kembali menyerang sejumlah perusahaan besar di dunia. Virus tersebut dikenal dengan nama Ransomware Petya, yang  bekerja menyerupai virus terdahulu yang sempat menggerkan dunia yaitu Ransomware WannaCry.

Beberapa pakar menjelaskan, virus jahat ini menyerang dengan memanfaatkan kelemahan-kelemahan yang digunakan dalam serangan wannacry bulan lalu. Di Inggris banyak rumah sakit dan beberapa organisasi kesehatan sudah menjadi sasaran virus tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau masyarakat untuk mewaspadai serta berupaya melakukan tindakan pencegahan terhadap ancaman virus ransomware Petya. Kominfo meminta masyarakat yang memiliki komputer untuk melakukan antisipasi serangan Petya, dengan melakukan backup data, sebelum mengaktifkan komputer.

Data telemetri perusahaan mengindikasikan ada 2.000 pengguna yang terserang sejauh ini. Sejumlah korporasi di Rusia dan Ukraina adalah yang paling terpengaruh, dan perusahaan juga mencatat adanya serangan di Polandia, Italia, Inggris, Jerman, Prancis, Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

Hal ini tampaknya merupakan serangan kompleks yang melibatkan beberapa vektor serangan. Perusahaan dapat mengonfirmasi bahwa adanya pemanfaatan Eternal Blue yang dimodifikasi dan digunakan untuk propagasi setidaknya di dalam jaringan perusahaan.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend