Snapchat di Kritik Netizen Setelah Mengeluarkan Filter Yellowface

Snapchat di Kritik Netizen Setelah Mengeluarkan Filter Yellowface

Salah satu media sosial Snapchat meluncurkan sebuah filter yang bernama “yellowface”, dimana para penggunanya dapat menambahkan warna kuning pada wajah serta mata sipit, pipi lebar dan tawa menyeringai pada Selasa (9/8). Namun hal ini langsung menuai kritikan dan sindiran dari pengguna aplikasi yang pertama rilis pada tahun 2011 itu.

Mereka beranggapan filterbaru tersebut mengandung rasisme karena bisa membuat wajah pengguna tampak seperti masyarakat Asia. Seperti yang dikicaukan @Spacekatgal saat mengomentari salah satu berita mengenai filter baru Snapchat tersebut. “Hey @. As long as you’re being SUPER RACIST, any plans for a Blackface filter?” 

Netizen lainnya juga melakukan hal sama, @mhroque contohnya. Ia menilai sikap rasis Snapchat hanya ditujukan bagi kaum Asia. “Hey @Snapchat what’s with continually creating #racist filters targeting Asians? #snapchat #racism #wtf“.

Bahkan salah satu netizen mengungkit, bahwa kejadian ini telah terulang kembali. Setelah pada April 2016 lalu, Snapchat mengeluarkan filter penyanyi reggae Bob Marley, yang dikenal dengan sebutan “digital blackface”, melalui kicauan berikut ini “Dear @Snapchat , thanks for the overly-racist new filter…when can we expect Blackface?” ujar @bkisnah.

Setelah mendengar berbagai sindirian netter, perwakilan Snapchat langsung angkat bicara. Menurutnya, filter tersebut sama sekali tak bermaksud menyindir pihak-pihak tertentu apalagi soal rasisme. Dan saat ini, pihak Snapchat telah menarik kembali filter Yellowface dari platformnya.

***

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend