WikiLeaks Rilis Vault 7 Dark Matter, Berisi Cara CIA Meretas Macbook dan iPhone

WikiLeaks Rilis Vault 7 Dark Matter, Berisi Cara CIA Meretas Macbook dan iPhone

Sumber Foto : Istimewa

WikiLeaks kembali membeberkan dokumen rahasia milik Badan Keamanan Nasional  AS, Central Intelligence Agency (CIA) pada Kamis (24/3/2017) waktu setempat.  Kali ini didalam dokumen itu, WikiLeaks mengungkap metode-metode yang dipakai CIA dalam membobol perangkat MacBook dan iPhone.

Dokumen yang berjudul Dark Matter itu, merupakan satu rangkaian dari dokumen Vault 7 yang pernah dipublikasikan WikiLeaks pada awal bulan Maret melalui situs resmi mereka. Dark Matter berisikan dokumentasi untuk beberapa proyek CIA yang menginfeksi firmware MacBook yang dikembangkan oleh CIA’s Embedded Development Branch (EDB).

Baca : WikiLeaks Rilis Dokumen Rahasia CIA Tentang Peretasan Masal

Selain itu Wikileak juga memaparkan bagaimana CIA memiliki alat yang mampu untuk mengeksekusi kode dari stik USB ketika komputer Mac baru dihidupkan, sehingga memungkinkan orang luar untuk melewati sandi rahasia yang dipasang oleh pabrik dan memasukkan piranti lunak serangan.

Walau dokumen-dokumen tersebut telah berusia lebih dari tujuh tahun dan sudah tidak relevan dengan teknologi saat ini. Namun apa yang dilakukan CIA, menunjukkan upaya yang cukup keras untuk menemukan dan mengeksploitasi celah kelemahan dalam produk Apple.

Dokumen yang dikeluarkan oleh organisasi yang didirikan oleh Julian Assange pada 2006 itu langsung menjadi perbincangan di media sosial khususnya twitter.

Sementara menurut Apple, mereka sudah menambal semua celah keamanan yang ada. Menurut mereka, hanya iPhone 3G yang terkena dampak malware milik CIA tersebut. Sementara celah keamanan di Mac sudah diperbaiki di Mac keluaran 2013 ke atas.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend