Cara Reset MikroTik RouterBoard Cepat dan Mudah

Bagaimana cara reset MikroTik? Nah pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh teman saya saat ini.

Bahkan pertanyaan ini menjadi salah satu kata kunci yang paling banyak di cari di Browser Google.

Untuk melakukan reset MikroTik itu sangatlah mudah, siapa saja dapat melakukan reset MikroTik jika melihat panduan dengan benar.

Lantas untuk apa reset MikroTik itu dilakukan? ada beberapa kendala yang perlu kamu ketahui sehingga kita perlu melakukan reset MikroTik.

Pada umumnya kita membutuhkan reset MikroTik saat kehilangan akses akun berupa username dan password untuk login ke MikroTik.

Karena memang pada dasarnya manuasia itu memiliki sifat pelupa tak heran bila hal sekecil ini jarang ada yang mengingatnya.

Akses username dan password di perlukan saat kita ingin mengakses MikroTik melalui Winbox, SSH, Telnet, ataupun Webfig. Jika kita lupa akses username dan password maka salah satu cara yang dapat di lakukan adalah melakukan reset.

Karena untuk saat ini MikroTik masih belum menyediakan fitur forgot password.

Sebelum kamu ingin melakukan reset MikroTik, kamu harus tahu dulu. Jika setelah melakukan reset maka semua settingan MikroTik anda akan hilang jadi otomatis kamu harus mengatur settingan MikroTik anda lagi.

Berikut Tutorial Cara Reset MikroTik dengan Cepat dan Mudah

Cara Reset MikroTik

1. Reset via Hardware

Perlu di ketahui setiap RouterBoard memiliki tombol untuk melakukan reset yang berbeda-beda, ada yang tombol resetnya masuk ke dalam sehingga kita membutuhkan alat bantuan seperti obeng kecil untuk menekan tombol dan ada juga RouterBoard yang tombol resetnya bisa di sentuh dengan tangan sehingga tidak memubutuhkan alat bantu lagi.

Biasanya tombol reset di RouterBoard itu berada di posisi yang berbeda-beda. Namun pada umumnya semua kebanyakan tombol reset RouterBoard berada di belakang RouterBoard seperti contoh gambar dibawah ini.

Cara Reset MikroTik

A. Langkah pertama pastikan RouterBoard Anda dalam keadaan OFF/Mati

B. Tekan tombol reset RouterBoard selama 5-10 detik bisa menggunakan obeng kecil

C. Jangan lepas tombol reset sebelum lampu USR di RouterBoard mati

D. Selesai

Min ada pertanyaan baru nih. Bagaimana jika RouterBoard dirumah saya tidak berbentuk fisik seperti gambar diatas melainkan hanya berbentuk mainboard biasa yang tidak memiliki casing?

Nah jika RouterBoard dirumah kamu berbeda dengan gambar diatas alias tidak memiliki fisik, kamu dapat melakukan reset dengan menggunakan Jumper.

Cara Reset MikroTik

A. Hubungkan jumper dengan obeng kecil untuk melakukan reset RouterBoard

B. Tekan tombol selama 5-10 detik

C. Setelah itu nyalakan kembali RouterBoard Anda

D. Selesai

2. Reset via Software

Setelah mencoba melakukan reset MikroTik melalui Hardware, kamu juga dapat mereset MikroTik melalui Software dengan cara sebagai berikut.

Melakukan reset MikroTik menggunakan software dapat dilakukan dengan 2 cara baik itu melalui GUI (Winbox, Webfig) atau CLI (SSH, Telnet)

A. Reset MikroTik via Software GUI (Winbox, Webfig)

Cara Reset MikroTik

  • Untuk melakukan reset MikroTik via GUI kamu tinggal pergi ke menu System kemudian pilih menu Reset Configuration.
  • Tunggu sampai muncul halaman baru ceklis pilihan No Default Configuration dan setelah itu klik tombol Reset Configuration
  • Selesai

B. Reset MikroTik via CLI (SSH, Telnet)

Cara Reset MikroTik

  • Untuk melakukan reset MikroTik melalui CLI kamu harus menggunakan perintah berikut =
    Ketik system reset-configuration no-defaults=yes
  • Jika keluar pilihan Y/N tekan tombol Y untuk memulai reset
  • Selesai

Bagaimana mudah bukan cara melakukan reset MikroTik? Demikian tutorial ini saya buat sesingkat mungkin semoga bisa di pahami oleh teman-teman semua ya.

Terima kasih sudah membaca artikel di website ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.