Kebiasaan buruk atau sering disebut dengan bad habits adalah salah satu perilaku seseorang, yang mungkin dinilai kurang baik bagi orang lain atau untuk dirinya sendiri.

Hal ini tentunya akan menimbulkan sebuah impact daripada apa yang dilakukan. Terlebih itu adalah kebiasaan buruk yang memperlambat diri dalam menjadi lebih baik lagi.

Sebagai contoh, Andi adalah seseorang yang memiliki kebiasaan tidur larut malam, maka Andi akan mendapatkan impact berupa tidak bisa bangun lebih pagi, ataupun sering kehilangan konsentrasi akibat kurang istirahat.

Itu adalah sebuah contoh dari bagaimana kebiasaan buruk dapat menghambat perkembangan dirimu sendiri.

Untuk itu, kamu bisa mencoba beberapa cara dibawah ini, yang mungkin bisa mengubah perilaku dan kebiasaan burukmu agar tidak semakin menjadi jadi.

Niatkan Dalam Hati untuk Berubah

Iya, ketika kita memiliki kebiasaan buruk dan ingin mengubahnya, tentu kamu harus memiliki niatan dan juga dorongan hati yang kuat untuk bisa menjadi lebih baik dan menghilangkan kebiasaan buruk pada dirimu.

Ingat terus didalam dirimu untuk berubah, tanamkan perilaku ini didalam dirimu, hindari melakukan kebiasaan buruk, agar berubah menjadi lebih baik.

Walaupun tidak dalam waktu yang instant, semakin dirimu memaksakan untun berubah, kamu kamu bisa mempercepat waktu untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu.

Catat Apa yang Harus diubah

Ini bisa jadi salah satu Self Reminder buat kamu pribadi. Ketika kamu dirasa memiliki kebiasaan buruk, kamu bisa pelan pelan mencatat apa apa saja yang harus kamu ubah. Apa apa saja yang harus kamu perbaiki.

Tidak perlu banyak, tidak perlu cepat, kamu hanya perlu membiasakan diri untuk tidak kembali masuk kedalam kebiasaan burukmu itu. Pelan-pelan saja.

Introspeksi

Hampir mirip dengan poin kedua, introspeksi adalah sebuah fase dimana seseorang harus berkaca kepada dirinya sendiri, dan mempertanyakan, apa yang salah? Apa yang harus diubah? Apa yang harus diperbaiki?

Iya, dalam fase introspeksi ini, kamu bisa meminta bantuan temanmu yang lebih berpengalaman, untuk saling bertukar fikiran dan menemukan jalan keluar untuk memecahkan masalahmu sendiri.

Lakukan

Hal paling penting dalam menghilangkan kebiasaan buruk, adalah kamu bisa melakukan semua itu secara berkala, rutin, dan juga konsisten.

Jangan takut untuk keluar dari zona nyamanmu. Lakukan yang terbaik, itu semua bisa mengubah pribadi mu menjadi lebih baik, dan juga menghilangkan kebiasaan buruk untuk dirimu.

Tentunya, ini bisa menjadi langkah awal untuk melakukan perubahan kecil yang berdampak besar bagi kehidupan kalian.