Ketenangan diri adalah sebuah hal yang sangat diharapkan oleh sebagian orang. Terkadang, mereka justru merasa penuh tekanan, dan juga merasa kurang kuat dalam menghadapi tiap masalah yang ada pada kehidupan mereka.

Tentunya, hal ini bisa membuat seseorang merasa depresi atau bahkan kehilangan sadarnya. Padahal, sebenarnya hal ini bisa diatasi. Dengan menjadi pribadi yang lebih tenang, dan tidak mudah menyerah pada keadaan.

Lalu, bagaimanakah cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ketenangan diri?

Menyendiri

Walaupun terdengar sederhana, ternyata menikmati waktu sendirian atau sering dikenal sebagai me time, adalah salah satu self recharge yang baik untuk memulihkan mental yang mungkin tidak tenang.

Lupakan sejenak masalah yang ada didalam hidupmu. Berikan waktu untuk menyendiri, ajaklah tubuh mu berpergian ke tempat yang tenang, dan juga jauh dari keramaian. Ini bisa jadi terapi yang paling mudah untuk dilakukan.

Bercerita kepada Orang Dekat

Ketika mungkin kamu mendapatkan masalah, kamu sebenarnya tidak membutuhkan solusi dari masalah yang kamu alami. Terkadang kamu hanya butuh didengarkan, hal ini bisa berguna agar kamu mampu mengeluarkan semua perasaan sedih dari masalahmu.

Biasanya, ketika seseorang sudah mengeluarkan semua cerita tentang masalahnya, ia akan menangis. Dan tangis itu lah yang membuat nya menjadi lebih tenang.

Lakukan Hal Positif diluar Cirle mu

Mungkin, ketika kalian mendapatkan banyak tekanan hidup, pastinya kalian tidak akan menemukan rasa nyaman ketika berada di circle yang kalian tempatkan saat ini.

Cobalah untuk keluar, cobalah untuk melakukan hal ataupun kegiatan positif diluar lingkunganmu. Kamu mungkin bisa lebih mendapatkan ketenangan, dan fikiran mu bisa lebih terfokus pada hal positif yang kamu lakukan, bukan pada masalah yang kamu alami saat ini.

Hindari Gadget

Di era digital saat ini, kamu mungkin sering kali mendapatkan masalah melalui ponsel pintar mu. Baik itu antara hubungan mu dengan pasangan, pekerjaan, atau bahkan pertemanan. Tentunya hal ini bisa membuat kamu lebih cemas dan kesal ketika melihat percakapan yang hanya membahas masalah terus menerus.

Iya, rasanya kamu harus sesekali menjauhkan gadgetmu dari dirimu sendiri. Hal ini berguna untuk menghindari suasana yang makin tidak kondusif, akibat terlalu sering menghadapi masalah yang ada lewat sosial media.

Cobalah untuk menghabiskan waktu bersama orang tua, adik, kakak, ponakan, atau bahkan kolega lain. Bukalah sebuah percakapan secara intens yang mungkin tidak kamu dapatkan lewat sosial media. Itu bisa membuat mu lebih tenang.

Semoga kita bisa lebih menemukan ketenangan diri dan menemukan pemecahan masalah dari masalah yang kita hadapi saat ini. Dan yang paling penting, tidak terlarut lebih ke dalam masalah yang kita hadapi.