Bluescreen adalah suatu kondisi yang mana akan muncul ketika Operating System atau Hard Disk mu mengalami kerusakan. Hal ini sangat mengganggu dan juga berpengaruh pada penurunan kinerja komputer atau laptop yang kamu miliki.

Terlebih, jika hal ini terus menerus terjadi, tentunya kinerja dari komputermu akan lebih sering error dan sering kali mengalami lag atau hang.

Kondisi Bluescreen sendiri, biasanya akan berisikan beberapa penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi. Baik dari terkena virus, malware, adanya system yang error, atau bahkan faktor dari hard disk yang sudah melemah.

Oleh sebab itulah, kamu bisa mengatasi kondisi bluescreen ini agar kinerja komputer atau laptopmu kembali normal, dengan beberapa cara, seperti:

Lakukan Scanning dengan Antivirus

Terkadang, virus yang ada di komputer atau laptopmu bisa menjadi penyebab system mu menjadi rusak, dan menimbulkan bluescreen.

Sebab itu, kamu bisa melakukan scanning pada system ataupun hard disk kalian, untuk mendeteksi apakah ada virus yang berdiam di dalam systemmu, atau tidak.

Memeriksa Kesehatan Hard disk

Selain berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan file file penting di dalam komputer mu, hard disk juga berguna untuk menyimpan Operating System yang kalian gunakan.

Tentunya, hal ini sangat berpengaruh ketika terkena bluescreen. Sebab itulah, kamu bisa melakukan pemeriksaan pada hard disk mu dengan melakukan defrag. Tentunya hal ini bisa menjadi cara apakah hard disk mu terkena bad sector atau tidak

Install Ulang

Jika langkah langkah diatas masih tidak bekerja, kamu bisa menggunakan cara terakhir yakni melakukan install ulang.

Cara ini berguna untuk mengganti file system yang rusak, dengan file system yang baru. Namun, pastikan kamu juga menggunakan operating system yang berbeda dengan yang sebelum nya.

Faktor utama dari komputer atau laptop terkena bluescreen, adalah hard disk yang mungkin saja terkena bad sector. Sebab itu, kamu bisa memeriksa kondisi hard disk mu terlebih dahulu dengan melakukan defrag, atau mungkin juga kamu bisa mengganti hard disk mu dengan yang baru.