Bagi para pengguna ponsel pintar, memiliki penyimpanan atau internal storage yang besar adalah salah satu hal yang paling penting sebelum membeli ponsel pintar idaman mereka.

Dengan adanya penyimpanan yang besar, mereka bisa menyimpan banyak file, seperti foto, video, musik, atau bahkan dokumen penting lainnya.

Adapun fungsi lain dari memiliki penyimpanan yang besar, adalah mereka bisa menginstall banyak aplikasi, tanpa khawatir dengan kapasitas penyimpanan mereka.

Namun, masih saja ada pengguna ponsel pintar yang bermasalah dengan penyimpanan android yang cepat penuh, hal ini tentunya bukan tanpa sebab ya.

Tapi, kalian tidak perlu khawatir, adapun cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi penyimpanan android yang penuh berupa

Mengatasi Penyimpanan Android Cepat Penuh

File cache adalah sebuah file yang berupa histori dan juga log dari sebuah aplikasi yang terinstall, atau bahkan berjalan di ponsel pintar kalian.

Adapun hal ini bukan tanpa tujuan. Cache sendiri berguna untuk mempercepat aplikasi ketika sedang diaksess atau dibuka. Hal ini merupakan sebuah log, bahwa kalian pernah membuka aplikasi ini. Sehingga, tidak banyak data dan juga cache yang harus di tulis ulang.

Namun, jika file cache yang tersimpan terlalu banyak, hal ini bisa mempengaruhi penyimpanan internal kalian. Sebab itulah kamu bisa menghapus atau membersihkan cache yang ada lewat storage status.

Menghapus Aplikasi yang Tidak dibutuhkan

Pengguna ponsel pintar yang terlalu banyak menginstall aplikasi, biasanya akan lebih cepat megalami storage penuh lebih cepat.

Ini sendiri dipengaruhi oleh banyak nya data yang disimpan pada sebuah penyimpanan android. Semakin banyak aplikasi yang diinstall, maka semakin banyak data yang disimpan. Untuk itu, kamu bisa memilih aplikasi aplikasi penting yang memang kamu gunakan.

Sisanya, kamu bisa menghapus atau menguninstallnya saja.

Menggunakan Aplikasi Pembersih Sampah Android

Mungkin kamu akan banyak menemukan aplikasi yang berguna untuk menghapus file sampah yang ada pada android.

Meskipun begitu, sampai saat ini masih ada sebuah aplikasi pembersih android yang paling populer. Yakni Google Files.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis lewat play store, dan berguna untuk menghapus junk files, duplicate files, big file size media, dan yang lainnya.

Tentunya ini sangat berguna untuk menjaga penyimpanan kalian tetap memiliki ruang lebih.

Itu dia beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi internal storage atau penyimpanan android yang cepat penuh. Semog bisa menjadi referensi yang baik untukmu.