Sosial Media sudah seperti hal primer didalam kehidupan manusia saat ini, terlebih di era digital. Hampir semua kalangan, sudah menggunakan sosial media mereka sebagai sarana untuk tetap terhubung, ataupun untuk mendapatkan teman baru disekitar mereka.

Adapun peran sosial media sendiri, selain menjadi wadah dan memperluas circle pertemanan, mereka sering memanfaatkan sosial media untuk menjual produk yang mereka miliki.

Hal ini tentunya menjadi salah satu sarana bisnis dengan modal minim, sebab mereka hanya perlu melakukan promosi saja.

Ada beberapa tips untuk menggunakan sosial media sebagai sarana untuk menjual produk.

1. Buat Konten Visual yang Menarik

Jika kalian mempost sebuah produk yang kalian jual, tentunya kalian harus menerapkan teknik visual konten yang menarik, untuk mendapatkan perhatian audiens kalian.

Jika kalian hanya memposting produk kalian dengan desain yang biasa biasa saja, tentunya audiens tidak akan tertarik, dan terkensan mengabaikan produk kalian begitu saja.

2. Gunakan Hashtag

Ini sangat berguna untuk mendapatkan audiens tertarget lewat instagram. Dengan menggunakan hashtag yang relevan dengan produk yang kalian jual, tentunya hal ini bisa meningkatkan minat dan juga rasa ketertarikan dari para audiens kalian.

Jangan hanya gunakan hashtag yang mungkin sedang trend dalam waktu singkat. Sebab ini bisa menimbulkan bounce rate yang tinggi pada produk kalian.

3. Mulai Mencari Followers yang relevan

Jika kalian menjual produk seperti baju atau pakaian, kalian bisa melakukan promosi secara gratis, dengan cara melihat komptetitor yang sama sama menjual pakaian, kemudian meninggalkan komentar pada sebuah post yang mereka publikasikan.

Hal ini bertujuan agar followers dari kompetitor kalian bisa melihat akun kalian dan merasa penasaran dengan akun produk kalian.

Namun perlu diingat, untuk meninggalkan komentar pun, kalian tidak diperbolehkan melakukan spamming. Sebab, jika ini terjadi, komentar kalian akan dihapus oleh kompetitor.

4. Follow Audiens mu

Mungkin akan terdengar terbalik, jika kita harus melakukan follow terlebih dahulu, kepada calon konsumen. Namun, hal ini bisa menjadi salah satu hal yang menarik, untuk meningkatkan rasa keingin tahuan dan juga penasaran pengguna instagaram.

Sebagai contoh, kamu bisa melihat kompetitor mu yang relevan, kemudian memerika followers yang dimilikinya. Follow semua akun tersebut, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan timbal balik berupa kunjungan profile, atau bahkan follow back dari pengguna yang kamu ikuti.

Nah, itu dia langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan sosial media dalam menjajakkan produk yang kalian jual. Semoga bisa menjadi referensi yang baik untuk dicoba.