Bagi sebagian mereka yang mengerti komponen komputer, melakukan pembersihan secara rutin untuk bagian dalam dari CPU daladah salah  satu hal yang sudah menjadi kebiasan mungkin.

Mereka biasa membersihkan komponen komputer, untuk membuat komponen tersebut terlihat seperti baru, serta tidak terlihat berdebu dan kotor.

Selain itu, biasanya mereka juga membersihkan komponen komputer secara berkala, agar kinerja nya tidak menurun.

Membersihkan komponen komputer sendiri, sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan oleh para ahli saja. Kalian pun sebenarnya bisa, hanya saja kalian butuh lebih mengerti tentang komponen komputer, dan juga bagaimana cara membersihkannya.

Dan kali ini, kami akan membagikan sedikit tips untuk membersihkan komponen komputer kalian.

1. Gunakan Kuas yang sesuai

Masalah yang paling sering muncul pada komponen komputer adalah berdebu dan kotor. Hal ini bisa kalian bersihkan dengan menggunakan kuas yang ukurannya tidak terlalu besar, dan juga tidak terlalu kecil.

Kamu bisa menyesuaikan saja dengan komponen yang ingin kamu bersihkan. Biasanya, komponen yang bisa kamu bersihkan dengan menggunakan kuas adalah, Fan, Heat Sink, Back Side, dan Power Supply.

Gunakan kuas yang bersih dan kering. Jangan gunakan kuas yang kotor dan juga basah. Hal ini bisa merusak komponen komputer tentunya.

2. Gunakan Kompressor dengan Tekanan Sedang

Banyak dari pengguna komputer yang memilih untuk membersihkan bagian Fan dan juga power supply dengan menggunakan kompressor yang ada di bengkel motor.

Biasanya, mereka akan mengeluarkan kocek sekitar 2.000 rupiah, untuk menyemprotkan kompressor pada komponen komputer yang dirasa sangat kotor dan sulit untuk dijangkau.

Namun, hal ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Sebab, tekanan kompressor yang mengenai komponen komputer, bisa saja menyebabkan kerusakan pada bagian lain yang lebih sensitif.

Untuk itu, jika memang ingin membersihkan komponen komputer menggunakan kompressor, gunakanlah kompressor dengan tekanan yang rendah atau sedang.

3. Perhatikan Posisi Komponen

Bagi sebagian orang awam, mereka hanya mungkin mampu membongkar dan memisahkan komponen yang ada didalam Case CPU untuk dibersihkan.

Namun, terkadang mereka kerap kali mengalami kendala ketika ingin memasang komponen tersebut kepada posisi dan dudukan motherboard yang ada pada CPU yang mereka miliki.

Sebab itulah, kalian bisa terlebih dahulu memperhatikan dan mengingat tiap tiap komponen yang dilepas, dan kemudian harus dipasang lagi. Kamu bisa memfoto nya terlebih dahulu, sebelum melakukan pembersihan atau pembongkaran.

Jika memang dirasa belum yakin dan mengerti, cobalah untuk membawa komputer kesayangan kalian kepada ahlinya. Jangan lupa untuk meminta konsultasi terkait masalah komputer jika dibutuhkan.